Seminar Nasional “Pendidikan Kesehatan Masyarakat pada Era Revolusi Industri 4.0”

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (The Indonesian Public Health  Association) mengadakan Seminar Nasional dengan mengusung tema “Pendidikan Kesehatan Masyarakat pada Era Revolusi Industri 4.0”. Seminar nasional ini juga diikuti dengan serangkaian acara Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI) periode 2019-2022. Adapun kegiatan seminar nasional ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang urgensi integrasi pendidikan kesehatan masyarakat agar mampu sintas dan dapat melesat optimal dalam memenuhi kebutuhan zaman (era 4.0). Selain itu indentifkasi terhadap peluang dan tantangan yang dihadapi pendidikan kesehatan masyarakat di era revolusi industri 4.0; serta identifikasi langkah-langkah sinergitas antara IAKMI, Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam merumuskan pendidikan kesehatan masyarakat yang sesuai dengan perkembangan zaman (era revolusi industri 4.0).

UU Tenaga Kesehatan No. 36 tahun 2014 pasal 11 menyebutkan bahwa salah satu kelompok tenaga kesehatan adalah tenaga Kesehatan Masyarakat. Pasal tersebut menyebutkan bahwa jenis tenaga kesehatan yang termasuk dalam kelompok tenaga kesehatan masyarakat terdiri atas epidemiolog kesehatan, tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku, pembimbing kesehatan kerja, tenaga administrasi dan kebijakan kesehatan, tenaga biostatistik dan kependudukan, serta tenaga kesehatan reproduksi dan keluarga. Ranah tenaga kesehatan tersebut berada pada upaya promosi dan proteksi kesehatan. Mengingat pentingnya peran Kesehatan Masyarakat dalam agenda pembangunan kesehatan utamanya pada ranah tersebut pendidikan kesehatan masyarakat perlu dilaksanakan secara baik dan berkualitas guna memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang profesional. Pendidikan tinggi kesehatan masyarakat, di Indonesia, selain dituntut menyesuaikan diri dengan kriteria sebagai Pendidikan tinggi profesional, juga harus berupaya menyesuaikan diri dengan perkembangan pendekatan pembelajaran yang efektif, yang metodenya menggabungkan dua pendekatan sekaligus yaitu pembelajaran berbasis masalah berorientasi teroritik, juga mengembangkan pembelajaran berbasis bukti. Pendekatan ini disebut sebagai “Teori Berorientasi Belajar Transformatif”. Pendekatan ini akan menuntun perguruan tinggi untuk melihat pembelajaran sebagai proses menjadi sadar akan asumsi seseorang mahasiswa dan akan berupaya merevisi asumsi-asumsi ini berdasarkan tugas yang diemban kelak sebagai tenaga kesehatan masyarakat dalam melaksanakan layanan profesional (PP IAKMI, 2020)

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 1 Februari 2020 pukul 09.00 s.d. 11.30 WIB, bertempat di Ruang Graha Utama, Gedung A Lantai 3, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Adapun Keynote Speaker adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia : Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. (berhalangan hadir). Pembicara di dalam Seminar Nasional ini adalah Ketua Umum PP IAKMI 2019-2022 dengan topik: Inovasi Pengembangan Tenaga Kesehatan Masyarakat pada Era 4.0); Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dengan topik: Peranan Perguruan Tinggi Aplikasi 4.0 dalam Mencetak Lulusan Kesehatan Masyarakat. Selanjutnya paparan dari beberapa narasumber diantaranya :

1. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah dan juga sekalu Wakil Ketua Umum PP IAKMI :  Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD dengan mengangkat topik tentang “Inovasi Pengembangan Tenaga Kesehatan Masyarakat pada Era 4.0’’.

2.Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan juga selaku Ketua Umum Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) : dr. Agustin, Kusumayanti, M.Sc, PhD dengan mengangkat topik “Peranan Perguruan Tinggi dalam Aplikasi 4.0 dalam Mencetak Lulusan Kesehatan Masyarakat’’

3. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta : dr. Widyastuti, MKM dengan mengangkat topik “Peran Lulusan Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat dalam Membangun Jakarta Sehat”

 

Share this post

  • Info Terbaru
  • Agenda Terdekat