Unit Kerja

Faculty Research Commitee

Faculty Research Committee (FRC) dibentuk dengan SK Dekan FKM UNMUHA No: 004 tahun 2015. Pada tingkat akademik, komponen skripsi dan tesis merupakan salah satu indikator terpenting untuk menilai kualitas pendidikan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dan Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) UNMUHA. Bobot skripsi di IKM UNMUHA sebesar 3 SKS sedangkan tesis di MKM UNMUHA sebesar 5 SKS yang dalam penilaiannya termasuk publikasi dari tesis tersebut.

Oleh karena itu FRC FKM UNMUHA dibentuk untuk mengontrol dan menjamin kualitas skripsi dan tesis mahasiswa. FRC adalah sebuah komite yang terdiri dari beberapa dosen tetap Prodi S1 dan Prodi S2 yang bertanggung jawab memantau progres penelitian tesis mahasiswa mulai dari research topic identification, proposal writing, progress research, research writing, dan research evaluation. Salah satu tujuan dibentuknya FRC agar proses kebijakan dan keputusan dalam penelitian tesis mahasiswa dilakukan oleh sebuah komite independen yang demokratis, transparan dan akuntabel.

Visi FRC adalah 

Mewujudkan Fakultas Kesehatan Masyarakat – Universitas Muhammadiyah Aceh menjadi institusi pendidikan kesehatan masyarakat terkemuka di Sumatera yang berbasis pada penelitian-penelitian skripsi/tesis mahasiswa yang inovatif agar meningkatkan produktivitas, kesejahteraan masyarakat dan mutu lingkungan sehingga tercipta masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Misi FRC adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan sistem monitoring dan evaluasi penelitian tesis yang independen, demokratis, transparan dan akuntabel;
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian tesis yang inovatif untuk menjawab persoalan kesehatan masyarakat;
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian tesis sehingga berdampak untuk meningkatkan produktivitas, kesejahteraan masyarakat, dan mutu lingkungan; dan
  • Mewujudkan masyakarat Islam yang sebenar-benarnya melalui penelitian skripsi dan tesis yang berkualitas di bidang kesehatan masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi FRC adalah sebagai berikut:

  1. Membantu Ketua Prodi MKM UNMUHA menjamin mutu penelitian tesis mahasiswa S2 MKM UNMUHA;
  2. Berkoordinasi dengan Unit Monitoring dan Evaluasi (Unit Monev.) dalam hal melakukan tugas pokok dan fungsi FRC;
  3. Menerbitkan RIP FKM UNMUHA secara periodik setiap 5 tahun sekali;
  4. Melakukan Pra-Proposal Review untuk menyaring dokumen pra-proposal penelitian termasuk pemilihan topik/judul untuk memastikan meneliti “current issues” dan mencakup agenda-agenda penelitian dalam RIP FKM UNMUHA serta memastikan menggunakan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitiannya;
  5. Menentukan Tim Dosen Pembimbing Tesis I/II dan Tim Penguji;
  6. Mengusulkan Tim Dosen Pembimbing Tesis I/II dan Tim Penguji ke Ketua S2 Prodi MKM, dan apabila disetujui akan diterbitkan SK oleh Ketua Prodi S2 MKM;
  7. Menentukan jadwal Pra-Proposal Review, Seminar Proposal, Seminar Progres, dan Sidang Tesis;
  8. Berkoordinasi dengan Tim Dosen Pembimbing tesis I/II dan Tim Penguji dalam hal menjamin mutu tesis;
  9. Menyediakan jasa konsultasi bagi mahasiswa dalam proses penelitian tesis; dan
  10. Berkoordinasi dengan Ketua Prodi S2 MKM UNMUHA untuk melakukan fasilitasi segala persoalan proses bimbingan antara Dosen Pembimbing I/II dan mahasiswa.