Unit Kerja

Unit Penjamin Mutu

Unit Penjaminan Mutu (UPM) pada Prodi Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) merupakan bagian dari  Badan Penjamin Mutu (BPM) pada Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) yang telah terbentuk sejak tahun 2009 berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Penjaminan mutu dalam fakultas ini dibagi menjadi dua bagian berupa penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal. Pelaksanaan penjaminan mutu internal merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNMUHA sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

UPM melakukan koordinasi dengan Kaur. Akademik melakukan monitoring terhadap substansi perkuliahan yang dilaporkan kepada Direktur Prodi sebagai pengendali mutu. Pada penghujung masa studi, UPM akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses penulisan tesis meliputi evaluasi terhadap mahasiswa, dosen pembimbing, dan Faculty Research Committee (FRC) selaku penanggung jawab proses tesis. Selain itu, untuk mengendalikan mutu kinerja sivitas akademika, UPM juga melakukan evaluasi kepada dosen, akademik, tenaga pendidikan, dan mahasiswa melalui pengukuran indeks kinerja secara berkala per tahunnya. Kegiatan ini berdampak sangat baik terhadap perbaikan sistem pembelajaran dikampus ini.

Misi:

  1. Menjadi unit pengelola mutu yang mampu melaksanakan penjaminan mutu menyeluruh pada Prodi Pascasarjana MKM UNMUHA;
  2. Mendorong sivitas akademika di lingkungan MKM UNMUHA untuk memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap budaya mutu penyelenggaraan pendidikan;
  3. Mendorong pengembangan dan pemeliharaan sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan di MKM UNMUHA;

Visi:

Menjadi pusat informasi dan layanan mutu yang profesional untuk membantu Prodi Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh dalam mencapai Visi dan Misi sampai dengan tahun 2025.

Struktur:

Struktur UPM MKM UNMUHA terdiri atas ketua, sekretaris, dan staf evaluasi.

List SOP Mutu:

  1. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengajuan Proposal dan Pendanaan Penelitian
  2. Standar Operasional Prosedur (SOP) Prosedur Pengajuan Judul Penelitian Tesis
  3. Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyusunan dan Ujian Tesis
  4. Standar Operasional Prosedur (SOP) Kriteria Pembimbing dan Penguji Tesis
  5. Standar Operasional Prosedur (SOP) Seminar Reguler
  6. Standar Operasional Prosedur (SOP) Kuliah Tamu
  7. Standar Operasional Prosedur (SOP) Bimbingan Tesis
  8. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pendanaan Penelitian Kompetitif Bagi Mahasiswa
  9. Standar Operasional Prosedur (SOP) sumbangan buku alumni
  10. Standar Operasional Prosedur (SOP) Hukuman Disiplin (Punisment)
  11. Standar Operasional Prosedur (SOP) Disiplin Kerja Pimpinan dan Pegawai
  12. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengangkatan Dosen
  13. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengangkatan Pegawai
  14. Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem penempatan Dosen Mengajar
  15. Standar Operasional Prosedur (SOP) Prosedur Cuti Akademik
  16. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengusulan dan Pembayaran Gaji Karyawan
  17. Standar Operasional Prosedur (SOP) Reward Bagi Dosen dan Staf
  18. Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerimaan Mahasiswa Baru
  19. Standar Operasional Prosedur (SOP) Persyaratan TOEFL Bagi Mahasiswa
  20. Standar Operasional Prosedur (SOP) Perumusan Kurikulum
  21. Standar Operasional Prosedur (SOP) Peninjauan Kurikulum
  22. Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyusunan dan Peninjauan Visi dan Misi
  23. Standar Operasional Prosedur (SOP) Evaluasi Pemahaman Visi dan Misi
  24. Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Penyusunan Rancangan Anggaran
  25. Standar Operasional Prosedur (SOP) Admnistrasi Memorandum of Understanding (MoU)
  26. Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Pelaporan Keuangan
  27. Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Permintaan/Pengajuan Dana
  28. Standar Operasional Prosedur (SOP) Tata Tertib Kehidupan Kampus
  29. Standar Operasional Prosedur (SOP) Kepala Seksi dan Ijazah Perekrutan Mahasiswa Berprestasi
  30. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembinaan dan Pengembangan Dosen dan Tenaga Pendidikan
  31. Standar Operasional Prosedur (SOP) Persyaratan Mukim Mahasiswa
  32. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Perkuliahan
  33. Standar Operasional Prosedur (SOP) Persiapan dan Pelaksanaan Ujian Akhir
  34. Standar Operasional Prosedur (SOP) Monev Proses Belajar Mengajar
  35. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Monitoring Perkuliahan
  36. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Direktur
  37. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Wakil Direktur I
  38. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Wakil Direktur II
  39. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Wakil Direktur III
  40. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Kepala Bagian Tata Usaha
  41. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Keuangan
  42. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Kepala Seksi Nilai dan Ijazah
  43. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Kepala Seksi Arsip dan Ekspedisi
  44. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Kepala Seksi Data dan Evaluasi
  45. Standar Operasional Prosedur (SOP) Uraian Tugas Sekretaris Direktur
  46. Standar Operasional Prosedur (SOP) Peninjauan Silabus dan SAP
  47. Standar Operasional Prosedur (SOP) Tracer Study
  48. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemilihan Peminatan Oleh Mahasiswa
  49. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemilihan Ketua Peminatan