WORKSHOP TEKNIK MENULIS ARTIKEL JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI KEMENRISTEK DIKTI DAN JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI

Menurut undang-undang nomor 12 tahun 2012 bahwa dosen sebagai ilmuwan memiliki tugas mengembangkan suatu cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah serta menyebarluaskannya. Dosen secara perorangan maupun berkelompok wajib menulis buku ajar atau buku teks yang diterbitkan oleh perguruan tinggi dan/atau publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar dan untuk pengembangan budaya akademik serta pembudayaan kegiatan baca tulis bagi sivitas akademika.
 
Berhubungan dengan hal tersebut, maka untuk membantu dan mendorong para dosen di Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kemampuan dalam penulisan artikel jurnal  guna publikasi ilmiah, maka pada kesempatan kali ini Da’i Fillah Qolilah sebagai Pelopor Spritual Communication menyelenggarakan workshop yang bertajuk “Teknik Menulis Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristek Dikti dan Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019, bertempat di Edotel Seulanga – SMKN  Lhokseumawe, Jalan Sultanan Nahrisyah Kp. Jawa Lama Kota Lhokseumawe. Adapun yang menjadi narasumber adalah Guru Besar Universitas Muhammadiyah Aceh Bapak Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD. Kegiatan workshop ini diikuti oleh para dosen dari berbagai Perguruan Tinggi negeri maupun swasta yang ada di kota Lhokseumawe maupun Banda Aceh.
 
Bagi para dosen di Perguruan Tinggi menulis merupakan suatu keharusan karena dapat mendorong peningkatan kualitas serta kuantitas publikasi ilmiah baik pada tingkat nasional maupun internasional. Selain itu menulis dan mempublikasikan karya ilmiah merupakan salah satu syarat bagi para dosen untuk kenaikan pangkat. Sebagaimana yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Nomor 17 tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 tahun 2014, bahwa kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah Nasional terakreditasi dan jurnal Internasional bereputasi di bidangnya.

Dalam kegiatan workshop yang dilaksanakan pada kesempatan kali ini, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Aceh tersebut menyampaikan materi tentang :

1. Strategi mempublikasikan artikel di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi;

2. Cara mengembangkan keterampilan untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel pada publikasi nasional dan internasional;

3. Meningkatkan julah publikasi hasil riset para dosen di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi;

4. Strategi menyiapkan manuscript dari hasil penelitian dan menajamkan sisi scientific procedures;

5. Strategi menangani problematika bahasa Inggris dan pemanfaatan teknologi;

6. Struktur dan sistematika artikel pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi;

7. Kiat menembus jurnal terindeks Scopus, Sinta dan Garuda serta tips memilih jurnal terindeks Scopus yang tepat;

8. Teknik menghindari plagiat, polishing dan editing artikel;

9. Pengindeks jurnal nasional terakreditasi Kemenristek Dikti dan jurnal internasional bereputasi.

Share this post

  • Info Terbaru
  • Agenda Terdekat