Kuliah Luring Perdana & Pemberian Penghargaan Bagi Mahasiswa Berprestasi

Dampak Pandemi Covid 19 yang terjadi hampir di seluruh mancanegara telah membawa perubahan dalam sistem pembelajaran termasuk di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam hal ini menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (BDR) dalam masa darurat Corona Virus Disease (Covid-19). Pelaksanaan BDR bertujuan untuk : (1) Memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan pelayanan pendidikan selama masa darurat Covid-19; (2) Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19; (3) mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan; dan (4) Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali. Surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 diperkuat dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19 Prodi S2 MKM Pascasarjana UNMUHA senantiasa mematuhi anjuran pemerintah dengan melaksanakan kegiatan perkuliahan jarak jauh menggunakan metode daring. Kegiatan pembelajaran daring ini telah dilaksanakan lebih kurang selama 1 (satu) tahun terakhir sejak kasus penyebaran Covid-19 mulai meningkat di provinsi Aceh. Di masa pandemi Covid-19 para dosen menggunakan berbagai platform (Zoom Meeting, Google Classroom, OBS Studio, Live Streming Youtube serta LISA : Learning System UNMUHAguna mendukung kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel dengan para mahasiswa yang berada di daerah. Penggunaan metode daring ini diharapkan para mahasiswa mampu menyerap setiap informasi serta materi yang diajarkan oleh para dosen.

Antusiasme calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan S2 di Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh tidak begitu terpengaruh dengan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya provinsi Aceh. Hal ini terbukti masih meningkatnya minat calon mahasiswa yang mendaftarkan diri dan mengikuti ujian seleksi masuk menjadi mahasiswa baru di Prodi S2 MKM Pascasarjana UNMUHA. Pada tahun 2020 terdapat 45 orang mahasiswa baru yang diterima dan bersedia mengikuti perkuliahan via daring. Mahasiswa baru angkatan 2020 secara penuh mengikuti kegiatan perkuliahan di semester 1 (satu) via daring. Para mahasiswa baru terlihat antusias mengikuti kegiatan perkuliahan karena para dosen selalu mengkombinasikan berbagai macam metode belajar, sehingga membuat mahasiswa merasa senang untuk mengikuti perkuliahan. Berbagai strategi terus diupayakan untuk menarik minat mahasiswa serta meningkatkan softskill agar capaian pembelajaran bisa terlaksana dengan baik dan mencapai target.

Pada tanggal 27 Maret 2021, Prodi S2 MKM Pascasarjana UNMUHA membuka kuliah luring perdana (semester II) bagi mahasiswa baru angkatan 2020. Para mahasiswa diperbolehkan mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebelum mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas, para mahasiswa diminta untuk menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan, pengecekan suhu tubuh dan masuk ke ruang kuliah dengan mengatur jarak duduk antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Kuliah luring perdana bagi mahasiswa baru angkatan 2020 ini dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana dan juga selaku Guru Besar Universitas Muhammadiyah Aceh, yaitu Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD

Dalam kesempatan yang sama Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh memberikan penghargaan kepada 2 (dua) orang mahasiswa berprestasi yang berhasil meraih Indeks Prestasi (IP) 4,0, yaitu Hidayati Savitri dan T. Andi Syahputra. Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Program Studi  Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh kepada para mahasiswa dalam meningkatkan motivasi belajar untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu (< 2 tahun). Diharapkan dengan pemberian apresiasi ini mampu memacu semangat para mahasiswa lainnya dalam berlomba-lomba meraih IP terbaik agar target masa studi < 2 tahun dapat tercapai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X