Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh (MKM UNMUHA) merupakan program studi S2 Kesmas pertama yang berdiri di Provinsi Aceh dan telah terakreditasi ” B” dari LAM PTKes (SK No 0648/LAM-PTKes/Akr/Mag/VI/2016). Dalam pelaksanaannya Prodi ini telah menerapkan struktur kurikulum berbasis Kurikulum Nasional (Kurnas) berdasarkan rekomendasi dan hasil Munas Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) di Makasar pada tanggal 1-2 November 2016. Prodi S2 MKM UNMUHA terdiri dari 8 peminatan yaitu: Administrasi Kebijakan Kesehatan, Epidemiologi, Biostatistik, Gizi Kesehatan Masyarakat, Promosi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2014, sampai saat ini Prodi S2 MKM UNMUHA telah menghasilkan banyak lulusan berkompeten yang bertugas di berbagai bidang baik di pemerintahan maupun swasta. Bahkan terdapat beberapa mahasiswa berprestasi yang disediakan beasiswa dan mampu menyelesaikan studi dalam jangka waktu 1,5 tahun. Para tenaga pengajar pengampu setiap mata kuliah berlatar belakang pendidikan baik di dalam maupun luar negeri dan telah menyandang gelar Doktor bahkan Professor yang memiliki kualifikasi untuk menghasilkan publikasi ilmiah terindeks Scopus dan Thompson Reuters.

Dalam hal membangun networking Prodi MKM UNMUHA menjalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi diantaranya Indland Norway University, Teikyo University, Monash University, Nossal Institute for Global Health-Melbourne University, International Islamic University Malaysia (IIUM), Jami’ah Islam Syeikh Daud Al-Fahani (JISDA) Jala Thailand, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Diponegoro, serta terdaftar sebagai anggota tetap Asia Pasific Academic Consortium for Public Health (APACPH), Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Muhammadiyah Indonesia (APTKMMI).

X