Re-Akreditasi Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Tahun 2021

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh (MKM UNMUHA) mendapatkan kesempatan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) untuk melaksanakan kegiatan Re-Akreditasi yang dilaksanakan selama tiga (3) hari yaitu tanggal 12 s.d 14 Juli 2021. Re-Akreditasi dilaksanakan di saat pemerintah sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa kota atau provinsi di Indonesia termasuk Kota Banda Aceh yang saat ini termasuk ke dalam zona merah. Sesuai Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (Perkumpulan LAMPTKes) Nomor 32/SK/K/09.2020 tentang Pelaksanaan Asesmen Lapangan di Masa Pandemi Covid 19, bahwa untuk kelancaran proses akreditasi maka kegiatan Asesmen Lapangan di masa pandemi Covid19 dilakukan secara daring penuh untuk program studi : (1) Keperawatan; (2) Kebidanan; (3) Kesehatan Masyarakat; (4) Gizi; (5) Farmasi (jenjang Vokasi, Magister, Doktor); (6) Kedokteran Hewan; (7) Kesehatan lainnya.

Dalam kegiatan Asesmen Lapangan Daring (ALD) Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) mengutus dua (2) Asesor dari Universitas Airlangga (UNAIR, Surabaya) yaitu Dr. drg. Setya Haksama, M.Kes serta dari Universitas Diponegoro (UNDIP, Semarang) yaitu Dr. Muhammad Zen Rahfiludin, SKM, M.Kes. Kegiatan pembukaan ALD dilaksanakan via Zoom Meeting LAMPTKes pada pukul 09.00 WIB dengan moderator Ibu Agustina, SST, M.Kes. Dalam kegiatan pembukaan ini, turut serta dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh yaitu Dr. H. Aslam Nur, MA; Wakil Rektor I Dr. H. Fadhlullah, SH, MS; Wakil Rektor II H. Almanar, SH, MH; Wakil Rektor III Ir. H. Zardan Araby, MT; Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Drs. H. Nasrullah Jakfar, MA; Direktur Pascasarjana Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD; Ketua LP4M Meutia Zahara, M.Sc, PhD; Badan Penjaminan Mutu (BPM) Dr. Sri Suyanta, MA; Kepala Pusat Sistem Informasi Devi Kumala, ST, MT.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah (UNMUHA) meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik untuk kategori Universitas melalui penilaian aspek kelembagaan dan sumber daya manusia pada tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh. Universitas Muhammadiyah Aceh dalam waktu dekat juga akan membuka Program Studi S2 Magister Teknik Sipil dimana Tim LLDIKTI Kemendikbud, Riset dan Teknologi Wilayah XIII Aceh telah mengujungi Universitas Muhammadiyah Aceh dalam rangka evaluasi lapangan. Rektor juga menambahkan bahwa Universitas Muhammadiyah Aceh selalu memberikan dukungan penuh kepada Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas agar para peserta didik bisa mendapatkan pendidikan terbaik. Dukungan penuh dalam pemberian reward juga diberikan kepada para dosen yang mampu melakukan publikasi artikel penelitian dan PkM di jurnal ilmiah nasional dan jurnal ilmiah internasional bereputasi guna meningkatkan jumlah sitasi di Scopus, Sinta maupun Google Scholar.

Pada kesempatan ini Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh yaitu Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD menyampaikan bahwa kegiatan Re-Akreditasi Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh telah dipersiapkan secara matang sejak tiga (3) tahun lalu pasca Asesmen Lapangan dalam kegiatan Surveilans pada tahun 2018. Seluruh rekomendasi yang disampaikan oleh Asesor dalam kegiatan Surveilans telah dilaksanakan dan ditidaklanjuti secara serius. Walaupun kegiatan Re-Akreditasi kali ini dilaksanakan secara daring, Program Studi secara bersunguh-sungguh menyiapkan berbagai kelengkapan dokumen (borang) dalam bentuk softcopy dan juga hardcopy yang telah dicetak. Program Studi mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung dalam kegiatan Asesmen Lapangan Daring seperti penggunaan teknologi informasi dan multimedia serta memastikan secara teknis agar kegiatan ALD selama 3 hari kedepan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Direktur Pascasarjana menambahkan bahwa Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) menjadi cikal bakal lahirnya Prodi S2 Magister lainnya di lingkungan Universitas Muhammadiyah di masa yang akan datang. Cita-cita mulia untuk mendirikan Program Studi S3 Doktor dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat terus diupayakan dengan mempersiapkan berbagai aspek termasuk di dalamnya sumber daya manusia yang profesional serta didukung dengan kelengkapan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai.

Dr. drg. Setya Haksama, M.Kes selaku perwakilan dari Tim Asesor LAMPTKes dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Asesmen Lapangan Daring ini dilaksanakan untuk mengklarifikasi beberapa hal terkait data dan informasi yang dituliskan Dokumen Kinerja (DK) dan juga Laporan Evaluasi Diri (LED) yang telah diupload sebelumnya oleh Program Studi ke portal web LAMPTKes. Selanjutnya beliau mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan Asesmen Lapangan Daring (ALD) yang dilaksanakan mulai tanggal 12 s.d 14 Juli 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada sesi presentasi di hadapan para Asesor, Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat diwakili oleh Direktur Pascasarjana Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc. HPPF, DLSHTM, PhD; Ketua Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Dr. Maidar, M.Kes; serta Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Dharina, SKM, MKM. Setelah sesi presentasi dilanjutkan dengan sesi klarifikasi, diskusi dan tanya jawab antara para Asesor dengan para Penanggung Jawab (PJ) Kriteria 1 s.d Kriteria 9 serta Ketua Program Studi dan juga Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM). Secara keseluruhan Asesmen Lapangan Daring pada hari pertama dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X